BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Selasa, 29 Desember 2009

"Sejarah Musik Pop"


Musik pop diambil dari istilah “popular”, yang artinya terkenal. Musik popular adalah nama bagi aliran-aliran musik yang didengar luas oleh pendengarnya dan kebanyakan bersifat komersial. Biasanya musik ini terkenal dalam jangka waktu tertentu kemudian menghilang. Criteria khusus musik pop yaitu:
1. Mudah untuk diikuti dan dimengerti baik syair , melodi dan musiknya.
2. Menggunakan tema sosial yang sering terjadi di masyarakat.
3. Biasanya terkenal dalam kurun waktu tertentu, kemudian akan menghilang bahkan dilupakan.
Alat musik yang sering digunakan dalam musik pop tergolong sederhana yaitu keyboard, gitar, gitar bass dan drum.

Sejarah Musik Pop Dunia

The Beatles adalah legenda musik pop dunia. The Beatles adalah sebuah simbol pemberontakan terhadap kemapanan musikal, yang anehnya tidak terasa vulgar. Mereka adalah ikon yang menjadi tonggak dalam perjalanan musik dunia. Peran mereka sungguh tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagaimana tidak? Dalam perjalanan karir yang cukup singkat saja, The Beatles telah berhasil memposisikan diri mereka di jajaran atas musisi dunia, yang lagu-lagunya nyaris abadi. Sampai sekarang, penggemar mereka selalu ada di setiap generasi.

Dalam sejarah industri musik pop dunia, The Beatles dikenal sebagai band paling sukses yang pernah ada. Malah kesuksesannya nggak cuma di urusan musik saja, tapi juga mempengaruhi segala bidang. Disaat-saat akhir karir The Beatles pada tahun 1970, John Lennon pernah bilang kalau bandnya itu punya nama yang bisa membuat segala-galanya menjadi besar.

0 komentar: